Pilih Genset yang Lebih Hemat, Bensin atau Diesel?

Keperluan penggunaan genset pada kondisi tertentu terbilang cukup sentral. Berfungsi sebagai alat pembangkit daya listrik saat adanya pemadaman atau belum tersedianya arus listrik dari PLN membuat penggunaan genset menjadi sangat penting. Bagi Anda yang sedang mencari produk genset, pastikan Anda membeli produk terbaik dengan harga terjangkau dari distributor genset murah Indonesia.

Selain itu, sebelum Anda membeli produk genset, pelajari terlebih dahulu jenis bahan bakar yang digunakan oleh tiap genset, apakah menggunakan mesin diesel atau bensin, sehingga Anda dapat melihat bagaimana performa, dan penggunaan bahan bakar agar pemakaiannya menjadi lebih hemat. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan genset pilihan, simak ulasan perbedaan dua jenis genset tersebut, sebagai berikut.

  • Performa mesin.

Genset dengan bahan bakar besin memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan genset bermesin diesel. Hal ini berhubungan dengan performa Horse Power yang pada mesin bensin yang cukup besar. Selain itu, saat proses pembakaran, genset bensin memiliki mekanisme kompresi yang rendah sehingga menghasilkan suara mesin yang lebih halus dibandingkan genset diesel. Meski begitu, mesin diesel juga terbilang memiliki kekuatan mesin yang juga tinggi, ditambah dengan mekanisme kerja yang tidak terlalu sulit membuat penggunaan dan perawatan genset diesel menjadi lebih mudah dan murah.

  • Penggunaan bahan bakar.

Saat memilih genset, tentu kita mengaharapkan performa mesin yang mumpuni namun dengan pengguanaan bahan bakar yang hemat. Terkait hal ini, diantara genset bermesin bensin dan diesel memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Genset bensin memiliki horse power yang tinggi sehingga membuat genset bensin mengkonsumsi lebih banyak bensin atau bahan bakar. Selain boros, harga bahan bakar bensin sendiri terhitung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan genset diesel yang menggunakan bahan bakar solar.

  • Ramah lingkungan.

Selain performa dan penggunaan bahan bakar, Anda juga dapat mempertimbangkan dampak penggunaan genset bagi lingkungan sebelum membeli. Jika dibandingkan, genset bermesin diesel menghasilkan emisi yang lebih ramah lingkungan sehingga tidak telalu memberikan efek buruk bagi lingkungan ketimbang genset bensin. Penggunaannya pun lebih tahan lama sehingga menghasilkan sumber listrik yang lebih panjang.

Itu dia beberapa perbedaan yang dapat Anda temui dari kedua mesin genset bensin dan diesel. Selain beberapa poin di atas, Anda juga dapat mempertimbangkan genset dari segi harganya, dimana harga mesin genset bensin cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan genset diesel. Namun meski begitu, pastikan Anda membeli genset yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki jaminan garansi agar sewaktu-waktu jika genset mengalami gangguan, Anda dapat dengan mudah menemukan akses servis terpercaya beserta ketersediaan sparepart mesin yang original.

About admin